Selasa, 13 November 2007

Semarang Kotaku

Semarang pada awalnya merupakan sebuah kabupaten, yang didirikan oleh Raden Kaji Kasepuhan (dikenal sebagai Pandan Arang) pada tanggal 2 Mei 1547 dan disahkan oleh Sultan Hadiwijaya. Pada tahun 1906 Pemerintah Hindia Belanda membentuk Kotapraja (gemeente) Semarang dipimpin oleh burgermeester, yang menjadi cikal bakal pembentukan Kota Semarang. Kotamadya Semarang secara definitif ditetapkan berdasarkan UU Nomor 13 tahun 1950 tentang pembentukan kabupaten-kabupaten dalam lingkungan Provinsi Jawa Tengah.

Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dan merupakan salah satu kota yang dipimpin oleh walikota. Kota yang mempunyai luas sebesar 373,67 km² dan berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa ini terletak sekitar 485 km sebelah timur Jakarta, atau 308 km sebelah barat Surabaya. Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat.

Kota pelabuhan ini konon didirikan di atas sebuah kota lama yang bernama Pandanarang atau Pandanaran. Kota ini istimewa karena terletak di sebuah teluk dan terdiri dari dua bagian, yaitu kota atas dan kota bawah.

Dataran rendah di Kota Semarang sangat sempit, yakni sekitar 4 km dari garis pantai. Kota bawah sering kebanjiran sampai ada pepatah bahwa jika Semarang kebanjiran, maka hal ini tidaklah aneh. Di sejumlah kawasan, banjir ini disebabkan oleh luapan air laut (rob).

Di sebelah selatan merupakan dataran tinggi, yang dikenal dengan sebutan kota atas, di antaranya meliputi Kecamatan Candi, Mijen, Gunungpati, dan Banyumanik. Daerah ini berbukit-bukit dan sejuk. Berbeda keadaannya dengan kota bawah.

Slogan kota ini adalah kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat), sudah di upayakan sedemikian baik, sehingga meskipun merupakan kota besar, tingkat kemacetan di kota semarang bisa di anggap masih dalam tingkat yang rendah, hanya saja pengelolaan air masih memerlukan banyak peningkatan.


Penduduk Semarang umumnya adalah suku Jawa dan menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari. Agama mayoritas yang dianut adalah Islam. Semarang memiliki komunitas Tionghoa yang besar. Seperti di daerah lainnya di Jawa, terutama di Jawa Tengah, mereka sudah berbaur dengan penduduk setempat dan menggunakan Bahasa Jawa dalam berkomunikasi.

PSIS merupakan satu-satunya klub sepakbola profesional di Kota Semarang. Pada tahun 1999, PSIS berhasil menjadi juara Liga Indonesia, namun pada musim kompetisi 2000 terdegradasi ke Divisi I. Pada tahun 2006 bermain di Divisi Utama Liga Djarum Wilayah 1 dan meraih juara kedua setelah dalam final kalah 0-1 oleh Persik Kediri.

Untuk transportasi, kota Semarang dapat ditempuh dengan perjalanan darat, laut, dan udara. Semarang dilalui jalur pantura yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di pantai utara Pulau Jawa. Saat ini telah dibangun jalan tol yang menghubungkan Semarang dengan Solo, kota terbesar kedua di Jawa Tengah. Angkutan bus antarkota dipusatkan di Terminal Terboyo. Angkutan dalam kota dilayani oleh bus kota, angkot, dan becak.

Semarang juga memiliki dua stasiun kereta api, Stasiun Semarang Tawang untuk kereta api kelas bisnis dan eksekutif, serta Stasiun Semarang Poncol untuk kereta api kelas ekonomi dan angkutan barang. Kereta api di antaranya jurusan Semarang-Jakarta, Semarang-Bandung, Semarang-Surabaya, Jakarta-Semarang-Jombang, Jakarta-Semarang-Malang. Untuk angkutan udara dilayani di Bandara Ahmad Yani, yang menghubungkan Semarang dengan sejumlah kota-kota besar Indonesia setiap harinya. Sedangkan untuk perhubungan laut, dilayani di pelabuhan Tanjung Mas yang menghubungkan Semarang dengan sejumlah kota-kota pelabuhan Indonesia; pelabuhan ini juga terdapat terminal peti kemas.


Semarang terdapat sejumlah perguruan tinggi ternama. Beberapa perguruan tinggi negeri di Semarang antara lain Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Politeknik Negeri Semarang (Polines), Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, dan Akademi Kepolisian (Akpol). Perguruan tinggi swasta antara lain Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Stikubank, Universitas Semarang, Universitas Muhammadiyah Semarang, STMIK ProVisi IT College.

Untuk tingkat sekolah menengah atas terdapat beberapa sekolah yang ternama di antaranya adalah SMA 1 Semarang, SMA 2 Semarang, SMA Kolese Loyola, SMA Negeri 3 Semarang, SMA Negeri 4 Semarang, SMA Negeri 5 Semarang, SMA Krista Mitra, SMA Karangturi, SMA Sedes Sapientiae, SMA Kebondalem, SMA Theresiana, SMA Kristen YSKI, SMA Pangudi Luhur Don Bosco, SMA Institut Indonesia, SMA Kesatrian 1. Selain sekolah favorit terdapat juga sekolah umum yang memiliki otonomi dalam membangung dan mengembangkan sekolahnya SMA YPE Sampangan, SMA dan SMK TU (Teuku Umar).

Kemudian beberapa sekolah favorit untuk tingkat lanjutan pertama adalah SMP N 3 Semarang, SMP PL Domenico Savio, SMP Negeri 2 Semarang, SMP Maria Goretti, SMP Maria Mediatrix, SMP Theresiana, SMP N 13, MTs N02 Gajahmungkur, untuk yang swasta ada SMP YPE dan lain sebagainya.


Adapun surat kabar yang terbit di Semarang antara lain: Suara Merdeka, Wawasan (Suara Merdeka Grup), Meteor, dan Radar Semarang (Grup Jawa Pos). Televisi lokal di Semarang adalah TV Borobudur, Pro TV, TVKU, dan Cakra TV.

Semarang memiliki seni budaya warak ngendhog dan dhugdheran yang diadakan menjelang datangnya bulan ramadhan. Semarang memiliki brand wisata Semarang pesona Asia yang dimulai pada pertengahan 2007, yang dihadiri oleh berbagai Dubes dari Negara-negara di kawasan Asia.

Semarang memiliki kota tua Little Netherland yang mencakup kawasan Polder, Stasiun Semarang Tawang, Jembatan berok dan Lawang Sewu

Komunitas Tionghoa di Semarang, melalui perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata), mengadakan Pasar Semawis, yakni pasar malam yang menjual berbagai makanan & oleh-oleh khas Semarang, di daerah pecinan Semarang (daerah Gang Pinggir).

Selain itu shopping center yang terdapat di Semarang antara lain:

- Ciputra Mall di kawasan Simpang Lima

- Simpang Lima Plaza di kawasan Simpang Lima

- Java Mall di kawasan Jangli, MT Haryono

- Sri Ratu Dept Store di Jalan Pemuda dan kawasan Peterongan MT Haryono

- Ramayana Dept Store di kawasan Simpang Lima

- Ada Dept Store Siliwangi, Majapahit, Setiabudi dan Fatmawati

- Duta Pertiwi Mall dengan Careffour-nya yang terletak di Jalan Pemuda.

Hotel berbintang yang terkenal di Semarang adalah Grand Candi, Ciputra, Horizon, Graha Santika, Patra Jasa, Novotel. Makanan khas yang terkenal di Semarang antara lain adalah lumpia Semarang, tempe mendoan, soto Bangkong, tahu petis, tahu gimbal, bandeng presto, wingko babat, dan sega kucing.

Terdapat beberapa rumah sakit besar di Semarang antara lain: RSUP Dr. Karyadi, Rumah Sakit Telogorejo, Rumah Sakit Elizabeth, RSU PKU Muhammadiyah Roemani dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung (RSISA).

Kecamatan-kecamatan yang terdapat di Semarang: Banyumanik | Candisari | Gajahmungkur | Gayamsari | Genuk | Gunungpati | Mijen | Ngaliyan | Pedurungan | Semarang Barat | Semarang Selatan | Semarang Tengah | Semarang Timur | Semarang Utara | Tembalang | Tugu


Tidak ada komentar: